Sunday, August 29, 2010

Kerai - Cara Mudah Bersihkan Kerai ”Blind”


Kehadiran kerai dalam hunian memiliki peranan cukup penting. Selain sebagai penahan teriknya sinar matahari dan terpaan angin, kerai mampu menjadi ”pelindung” privasi si pemilik rumah. Tak hanya itu, kehadiran kerai juga mampu mempercantik ruangan Anda.
            Maka, ia pun hadir dalam berbagai jenis bentuk dan bahan. Sebut saja seperti roller blind, horizontal blind, atau roller blind yang biasanya terbagi oleh beberapa lapis slat dengan penggunaan disesuaikan kebutuhan desain ruangan atua selera pemilik rumah.
            Jenis blind pun bermacam-macam, ada yang berbahan plastik, polyester PVC campur fiberglass, PVC campur acrylic, bambu, atau kayu. Umumnya blind juga bisa diatur besar kecilnya bukaan sesuai pencahayaan alami ke ruangan yang diinginkan.
            Yang pasti sebaiknya awali dengan menyesuaikan ukuran blind dengan ukuran jendela. Selanjutnya pilihlah jenis, bahan, dan warna sesuai kebutuhan dan warna interior di dalam ruangan.
            Nah, setelah memiliki blind, jangan lupa untuk rutin membersihkannya. Karena bila tidak, ia bisa menjadi sarang debu dan kotoran yang mengganggu kesehatan.
            Jangan bayangkan kerepotan yang akan menghadang, karena yang Anda butuhkan hanyalah perkakas sederhana yang pasti tersedia di rumah. Cukup siapkan obeng, kemoceng, handuk bekas, lap kain, sabun cair pencuci piring, dan sebuah bak besar.
            Inilah cara sederhana membersihkan kerai blind yang biasa dilakukan kapan pun:
  1. Setiap 3 hari sekali atau maksimal seminggu sekali bersihkan blind dengan kemoceng. Caranya bersihkan debu di setiap permukaan slat satu per satu.
  2. Paling tidak sebulan sekali Anda dapat membersihkan blind dengan cara merendamnya.
  3. Buka penutup blind dengan obeng yang biasanya menempel pada bingkai jendela, supaya Anda mudah untuk memasangnya kembali.
  4. Siapkan bak besar baik dengan memakai bathtub ataupun jika tidak ada, Anda bisa memakai bak plastik. Alaskan dasar bak dengan handuk bekas.
  5. Isi bak dengan air hangat dan semprotkan sabun cair di bawah pancuran air keran.
  6. Rendam blind dan pastikan seluruh bagiannya benar-benar telah terendam. Diamkan selama 10 hingga 15 menit.
  7. Saatnya gunakan kain bekas bersih yang telah dicelupkan ke dalam air sabun dan mulailah bersihkan satu per satu slat blind. Caranya pegang kain antara ibu jari dan jari telunjuk dengan menjalankan kain ke sepanjang slat. Cara ini egektif karena seklaigus memberihkan kedua sisi slat dengan satu tindakan.
  8. Saatnya mengangkat blind dari air sembari dibilas di bawah air keran.
  9. Letakkan blind di lantai yang kering dan bersih. Kemudian untuk mempercepat proses pengeringan, Anda bisa melap setiap siap dengan lap kain yang kering.

Kompas Klasika, Sabtu 3 Juli 2010

No comments:

Post a Comment

Post a Comment