Saturday, September 4, 2010

Ruangan Tampil Lebih Nyaman dengan Tanaman Hijau.


kosmo.vivanews.com
Siapa pun orangnya pasti senang hidup berdampingan dengan alam. Rasanya hal inilah yang mendorong orang untuk menempatkan area hijau di dalam ruang.
            Memang tak dapat disangkal bila keindahan dan hijaunya tumbuhan yang dipadu oleh gemericik air dan gesekan daun seolah menjadi alunan musik yang terasa sangat merdu.
            Bahkan bagi sebagian kalangan, miniatur ”taman” di sudut ruangan seperti ini bisa menjadi terapi yang sangat menenangkan jiwa.
            Sayangnya, tidak semua tanaman yang tumbuh di luar dapat dimasukkan ke dalam rumah. Palem Waregu dari jenis palem, Pleomele reflexa dan Dracena clorama tricolor dari jenis tanaman hias serta anggrek bulan dan Spathyphillum dari jenis yang berbunga, adalah sedikit dari beberapa jenis tanaman yang dapat ditempatkan di dalam ruang.
            Walaupun terkesan sepele, tanaman yang sedianya diletakkan di dalam ruangan perlu perlakuan khusus. Sebelum diletakkan di dalam ruangan, tanaman tersebut memerlukan proses aklimatisasi yang berlangsung selama beberapa tahap. Anda harus secara perlahan mengurangi kebutuhan akan sinar matahari. Perlu diingat, masa aklimatisasi pada tiap tanaman berbeda-beda tergantung pada jenis dan ukuran tanaman.
            Sementara untuk menjaga kelembaban, gunakan media tanam yang dapat menyimpan air seperti peat moss, cocopeat atau arang sekam.
            Terakhir, agar pertumbuhan tanaman optimal, ada baiknya jika dirotasi dengan tanaman lainnya setiap 2 minggu sekali.
            Dengan perawatan yang relatif mudah, rasanya Anda pun dapat menciptakan suasana nyaman di ruang duduk rumah Anda. Tertarik untuk mencobanya?

Kompas Klasika/ Jumat, 6 Juni 2008

No comments:

Post a Comment